Terdapat poin-poin Analisa SWOT yang meliputi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Treath (ancaman) madrasah yang dapat diidentifikasi dari gambaran umum kondisi dan karakteristik MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan. Adapun poin-poin tersebut adalah sebagai berikut :
1.5.4.1 Kekuatan (Strength)
1) Lembaga Pendidikan Islam yang dikelola yayasan LP Ma’arif NU PCNU Kabupaten Magelang dengan dukungan finansial dari wali murid dan negara (BOS) sesuai regulasi dan pembinaan manajemen yang terukur, sistematis dan sinergis.
2) Letak Madrasah yang strategis karena berada lokasi yang mudah dijangkau untuk kepentingan akses pendidikan dan birokrasi.
3) Dukungan sumberdaya dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai standar akademis dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan serta pengurus Komite.
4) Input peserta didik dengan tingkat nilai akademik yang relatif sedang berpotensi untuk peningkatan kualitas akademik yang berprestasi.
5) Hubungan yang harmonis dan sinergis antara komite dan Madrasah dalam mengembangkan dan memajukan MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan.
7) Dukungan wali murid yang kuat untuk kemajuan MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan.
a) Kelemahan ( weakness )
1) Sarana dan prasana di MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan perlu mendapat perhatian serius. Beberapa gedung merupakan peninggalan yang berusia lama dan perlu renovasi.
2) Diperlukan peningkatan pemberdayaan fungsi tugas masing-masing, sehingga sumberdaya manusia bisa bekerja secara optimal.
3) Tenaga pendidik pemegang sertifikat pendidik masih sangat minim.
4) Prestasi Akademis dan non akademis peserta didik tingkat kabupaten belum muncul.
5) Masih ditemui rendahnya ghiroh/motivasi sebagian sumber daya manusia untuk mengembangkan budaya literasi, yang berpengaruh terhadap kualitas kinerja.
6) Masih banyaknya penggunaan plastic dan belum adanya solusi pengolahan limbah sampah plastic, tidak sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Magelang dalam pelestarian lingkungan.
7) Kesadaran warga untuk menyekolahkan anak di lembaga NU masih sangat minim.
b) Peluang ( Opportunity )
1) Bekerjasama dengan komite madrasah untuk mengembangkan dan membangun MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan baik sarana dan prasarana serta prestasi peserta didik dan kulitas Sumber Daya Manusia secara optimal.
2) Berikhtiar untuk mencari Sumber Daya Manusia yang berkulitas untuk berperan dalam proses pembelajaran dan lingkup pekerjaan administrasi dan keuangan.
3) Menjalin mitra strategis dengan instansi/lembaga lain yang berkompten dan kapabel untuk perkembangan dan kemajuan MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan.
4) Masyarakat Bandongan yang religius dan toleran memperkuat dan memperkokoh Islam washatiyah di MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan.
c) Ancaman ( Threats )
1) Merosotnya prestasi dan kualitas Madrasah bisa menyebabkan kepercayaan masyarakat menjadi turun.
2) Persaingan antar lembaga pendidikan yang ketat dapat mengancam eksistensi MTs Ma’arif Al-Munir Bandongan
3) Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang pesat berimplikasi pada kompetensi sumber Daya Manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
4) Arus budaya asing yang tidak sesuai budaya masyarakat Indonesia dapat mempengaruhi nilai-nilai akhlak peserta didik.
5) Masuknya idiologi transnasional yang bertentangan dengan pancasila dapat menggoyahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.
0 comment:
Posting Komentar