A.
VISI MADRASAH
MTs
Ma’arif Al Munir Bandongan sebagai
lembaga pendidikan menengah yang berciri khas Islam perlu mempertimbangkan
harapan peserta didik, orang tua peserta didik, lembaga pengguna lulusan
madrasah dan masyarakat dalam merumuskan visinya. Adapun visi Madrasah
Tsanawiyah Ma’arif Al-Munir
Bandongan sebagai berikut :
“Mewujudkan
pelayanan pendidikan yang dapat mencetak peserta didik yang taat beragama,
rukun, cerdas dan berakhlakul karimah”.
Adapun Indikator Ketercapaian
Visi tersebut adalah :
1.
Pelayanan pendidikan yang unggul di bidang akademik
dan non akademik
2.
Peserta didik memiliki kecerdasan intelektual,
social dan spiritual
3.
KBM berorientasi pada pembelajaran peserta didik
yang aktif, kreatif dan inovatif
4.
Perilaku warga madrasah yang religius, santun,
toleran dan siap menerima masukan
B.
MISI MADRASAH
1.
Menumbuhkan semangat belajar untuk pengembangan IPTEK
berlandaskan IMTAQ.
2.
Meningkatkan kualitas akademik dan non akademik.
3. Mengembangkan penelitian
untuk mendapatkan gagasan-gagasan baru yang berorientasi pada masa
depan.
4. Menumbuhkan life skill dan menumbuhkembangkan budaya
akhlakul karimah pada seluruh warga madrasah.
5. Mengembangkan
kreativitas peserta didik dalam
kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
C. TUJUAN MADRASAH
1.
Membentuk peserta didik yang memiliki ketaqwaan kepada
Allah SWT, dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Meningkatkan kualitas Akademik dan non akademik.
3.
Memiliki kesiapan yang diperlukan untuk melanjutkan ke
SLTA .
4.
Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan
keputusan.
5.
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang terbaik.
6.
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
7.
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
Islami
8.
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas
perilaku dan perbuatannya.
9.
Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas
untuk meminimalisir angka anak putus sekolah serta pemerataan akses pendidikan
10. Meningkatkan
budaya kerja prestatif dan bermoral bagi
guru dan karyawan.
11. Mengembangkan
fasilitas sekolah dari segi kualitas dan kuantitas
12. Meningkatkan
penerapan keimanan dan ketaqwaan warga sekolah.
13. Meningkatkan
kerja sama dan peran serta masyarakat / stake holder, baik melalui Komite
Madrasah, Yayasan ataupun instansi yang terkait
14. Meningkatkan
dan mengoptimalkan sumber dana dan sumber daya manusia.
0 comment:
Posting Komentar